.

Changer Deposit & Withdraw

Kamis, 26 Desember 2013

Melemahnya Yen Jadi Momok Bagi Kospi, Turun 0.2%

Melemahnya yen yang saat ini mencapai kisaran paling rendah dalam lebih dari 5 tahun terhadap dollar dan euro tampak membebani pergerakan di bursa saham Korea Selatan (27/12). Hari ini indeks Kospi di bursa Seoul tampak mengalami penurunan dan tidak mengikuti sentiment positif yang dibawa Wall Street.
Anjloknya yen mengakibatkan daya saing barang-barang ekspor asal Korea Selatan menjadi berkurang dibandingkan rivalnya asal Jepang. Pelemahan yen membuat barang buatan Jepang menjadi relative lebih murah dari pada barang-barang buatan Korea Selatan bagi para pembeli internasional.
Hari ini saham raksasa elektronik sekaligus eksportir Samsung Electronics tampak mengalami penurunan sebesar 0.1 persen. Sementara itu saham perusahaan baja Posco juga melemah dengan tajam yaitu mencapai 2 persen.
Indeks benchmark di Seoul, Kospi spot terpantau mengalami penurunan sebesar 4.52 poin atau 0.23 persen hari ini. Indeks tersebut berada pada posisi 1994.78 poin.
Analis Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks saham di bursa Korea Selatan pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Untuk hari ini indeks spot Kospi tersebut akan berada pada kisaran 1980 – 2020 poin.