.

Changer Deposit & Withdraw

Kamis, 26 Desember 2013

Yen Melemah Lagi, Sentuh 5 Tahun Terendah yang Baru

Pergerakan mata uang yen Jepang pada perdagangan Jumat ini terpantau masih bertahan dalam pola melemah yang solid terhadap dollar AS (27/12). Mata uang tersebut mengarah untuk mengalami penurunan mingguan Sembilan kali berturut-turut, fase penurunan mingguan terpanjang sejak bulan Februari lalu. Melemahnya yen tersebut didasari oleh spekulasi bahwa BOJ akan mempertahankan kebijakan pelonggaran moneter, sementara Fed justru mulai melakukan pengetatan.
Yen mengalami penurunan dan kembali menyentuh level paling rendah dalam lima tahun belakangan terhadap dollar dan euro setelah data dari Amerika Serikat tadi malam menunjukkan bahwa klaim pengangguran mengalami penurunan lebih dari perkiraan.
Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat menunjukkan bahwa klaim pengangguran mengalami penurunan sebesar 42,000 menjadi 338,000 pekan lalu. Angka klaim pengangguran tersebut berada di bawah ekspektasi yang sebelumnya memperkirakan akan ada di level 345,000 orang.
Hari ini yen terpantau sempat melemah hingga ke posisi 104.93 per dollar AS yang merupakan nilai tukar paling rendah sejak Oktober 2008 lalu. Saat ini yen berada pada posisi 104.80 per dollar, stagnan dari posisi penutupan perdagangan dini hari tadi.
Analis Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar yen terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Untuk hari ini mata uang tersebut akan berada pada kisaran 104.50 – 105.20 per dollar AS.